Selamat Datang di Blognya Ashari. Blog ini isinya mengenai artikel tentang Biologi atau hal-hal yang lagi booming saat ini. Dimohon kepada para Pengunjung untuk follow blognya dan beri komentar agar blog ini bisa lebih baik lagi. Terimakasih dan Selamat Membaca

13 Januari 2012

Psilotum, si Paku Purba - Part 2


Kalau sebelumnya sudah dibahas mengeai tumbuhan Psilotum dari morfologinya, sekarang akan dibahas mengenai anatomi batang Psilotum. Dilihat dari anatomi batang pada gambar disamping, dari luar menuju ke dalam. Bagian-bagian dari anatomi batang Psilotum adalah sebagai berikut:

1. Lapisan terluar disebut Epidermis: berupa sel memanjang yang berlapis kutikula. Adanya kutikula ini menunjukkan bahwa tumbuhan ini sudah beradaptasi pada kehidupan darat.
2. Lapisan kedua setelah Epidermis adalah Korteks, dimana Korteks ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
a. Korteks Luar (berupa Klorenkim),
b. Korteks Tengah (berupa Sklerenkim), dan
c. Korteks dalam (berupa Parenkim).
3. Setelah Lapisan Korteks, langsung meluncur ke jaringan yang lebih dalam, yaitu Endodermis.
4. Setelah itu ada jaringan yang berbentuk seperti bintang dan terlihat tebal, merupakan berkas pembuluh yang masih bersifat protostele dikarenakan tidak ditemukannya empulur.

Selain itu, tanaman ini tidak memiliki tapetum (jaringan nutrien yang terdapat pada paku maju). Namun, dalam menyerap nutrien, dapat dilakukan dengan difusi atau osmosis antar sel. Untuk anatomi rimpang, akan diposting pada hari berikutnya. Jika ada yang kurang jelas silahkan beri komentar Anda. Salam para Bloggers

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar